Hindari Makanan Ini Bagi Penderita Kolestrol

Salah satu cara dalam menjaga agar kadar asam urat serta kolesterol dalam darah senantiasa stabil adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Termasuk di antaranya adalah menjaga pola makan serta beristirahat secara teratur. Ada beberapa jenis makanan yang justru bisa membuat kolesterol dan juga asam urat menjadi lebih tinggi. Makanan-makanan ini jelas harus dihindari oleh penderita kolesterol.

Apa saja makanan tersebut? Berikut adalah di antaranya. Salah satu cara dalam menjaga agar kadar asam urat serta kolesterol dalam darah senantiasa stabil adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Termasuk di antaranya adalah menjaga pola makan serta beristirahat secara teratur. Ada beberapa jenis makanan yang justru bisa membuat kolesterol dan juga asam urat menjadi lebih tinggi. Makanan-makanan ini jelas harus dihindari oleh penderita kolesterol. Apa saja makanan tersebut? Berikut adalah di antaranya.

1. Yang pertama adalah jeroan.

Orang dengan kolesterol tinggi serta penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan satu ini. Termasuk dalam jeroan adalah babat, rempela, kikil, ati, ginjal, kelear timus dan lain-lain. Di dalam jeroan ini terkandung purin dalam jumlah tinggi sehingga dapat meningkatkan asam urat serta kolesterol. Purin merupakan senyawa kimia yang dapat menjadi asam urat apabila dipecah. Dalam hati juga terkandung kolesterol tinggi. Ini karena kolesterol dibuat serta disimpan dalam hati. Tingkat kolesterol tertinggi dalam beberapa daging hewan terdapat pada organ hatinya.

2. Kedua adalah makanan laut atau seafood.

Termasuk dalam seafood ini adalah ikan sarden, ikan teri, tuna, makarel serta kerang. Sama seperti jeroan, makanan laut juga mengandung purin dalam jumlah tinggi. Lobster juga bukan pilihan yang baik karena kolesterolnya yang tinggi. Dalam tiap 85 gram lobster terdapat hingga 61 mg kolesterol. Lobster yang dimasak dengan cara digoreng juga akan meningkatkan kolesterol.

3. Konsumsi daging juga harus dibatasi bagi penderita kolesterol.

Berbagai jenis daging, termasuk di antaranya adalah daging merah, memiliki kandungan kolesterol serta purin yang tinggi. Jika hendak mengonsumsi daging merah, maka sebaiknya buang terlebih dahulu lemak yang menempel di daging tersebut. Daging yang disarankan untuk dikonsumsi adalah daging putih seperti ayam ataupun kalkun. Perhatikan pula cara pengolahan dari daging tersebut. Disarankan untuk membuang terlebih dahulu kulitnya dan hindari pengolahan dengan cara digoreng.

4. Alkohol

Ini menjadi minuman yang harus dihindari oleh siapapun terlebih apabila seseorang memiliki masalah dengan kolesterol dan asam urat. Terlalu banyak konsumsi alkohol akan dapat meningkatkan produksi asam urat sehingga menyebabkan serangan asam urat secara berulang-ulang. Bir juga akan membuat tubuh menjadi sulit dalam membuang kelebihan asam urat dari tubuh.

Tubuh yang sehat dapat diraih dengan cara menjaga kadar kolesterol serta asam urat yang tetap dalam kondisi normal. Selain menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, sempatkan juga untuk berolahraga selama setidaknya tiga puluh menit tiap hari. Demikian adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol tinggi serta asam urat. Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan kita terkait makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *