Kenali 4 Tanda Stroke Secara Dini

Gejala stroke sebaiknya tidak dianggap enteng, walaupun gejala ini dapat hilang dengan sendirinya. Segera hubungi rumah sakit terdekat apabila orang terdekat mengalami gejala stroke atau kita melihat orang lain yang terkena stroke ini. Setelah tahap pemeriksaan awal, biasanya seseorang masih akan membutuhkan pemeriksaan secara lebih mendalam dan ditangani oleh dokter spesialis di rumah sakit. Tiap bagian tubuh akan dikendalikan oleh bagian otak yang berbeda sehingga gejala stroke yang muncul juga akan tergantung dari bagian otak mana yang terserang serta seberapa parah tingkat kerusakannya.

Gejala stroke ini juga dapat bervariasi pada beberapa orang, namun biasanya akan muncul secara tiba-tiba.Gejala stroke sebaiknya tidak dianggap enteng, walaupun gejala ini dapat hilang dengan sendirinya. Segera hubungi rumah sakit terdekat apabila orang terdekat mengalami gejala stroke atau kita melihat orang lain yang terkena stroke ini. Setelah tahap pemeriksaan awal, biasanya seseorang masih akan membutuhkan pemeriksaan secara lebih mendalam dan ditangani oleh dokter spesialis di rumah sakit. Tiap bagian tubuh akan dikendalikan oleh bagian otak yang berbeda sehingga gejala stroke yang muncul juga akan tergantung dari bagian otak mana yang terserang serta seberapa parah tingkat kerusakannya. Gejala stroke ini juga dapat bervariasi pada beberapa orang, namun biasanya akan muncul secara tiba-tiba.

Berikut adalah beberapa gejala stroke yang umum terjadi. Kita bisa mengingat keempat hal berikut ini agar bisa mengenali secara awal gejala stroke dan memberi tindakan pertolongan dengan tepat.

Gejala Stroke

1. Yang pertama adalah cara bicara penderita menjadi tidak jelas, kacau, dan pada beberapa kasus seseorang menjadi tidak dapat berbicara sama sekali bahkan pada saat terjaga.

2. Mata serta mulut tampak turun pada salah satu sisi wajah penderita.

3. Lengan penderita turut mengalami kelumpuhan pada saat terserang stroke. Penderita menjadi tidak mampu dalam mengangkat salah satu atau kedua lengannya.

4. Penderita stroke juga akan mengalami masalah keseimbangan serta koordinasi. Mereka tidak dapat berdiri tegak atau berjalan lurus.

Jika menemui gejala-gejala di atas, segera hubungi rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Selain aneka gejala di atas, stroke juga dapat diidentifikasi dari berbagai gejala di bawah ini.

  1. Kesulitan dalam menelan makanan
  2. Masalah komunikasi, sulit dalam berbicara serta memahami ucapan orang lain. Dalam beberapa kasus, penderita tidak dapat berbicara sama sekali.
  3. Merasa pusing lalu pingsan.
  4. Penderita juga bisa mengalami hilang penglihatan secara tiba-tiba atau justru penglihatan menjadi ganda
  5. Terjadi sakit kepala hebat yang datang tiba-tiba serta rasa kaku pada leher. Dapat pula mengalami sakit kepala berputar atau vertigo
  6. Muntah dan mual-mual
  7. Kelumpuhan hanya pada satu sisi tubuh
  8. Kesadaran menurun

Gejala stroke di atas tidak boleh dianggap enteng walau dapat hilang sewaktu-waktu atau hilang dengan sendirinya. Bahkan walau belum dinyatakan resmi stroke, namun gejala-gejala di atas sangat beresiko menyebabkan stroke. Apabila mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter ataupun rumah sakit setempat. Gejala ini biasanya akan berlangsung selama beberapa menit atau jam, kemudian akan menghilang dengan sendirinya. Kondisi ini juga bisa menjadi peringatan akan terjadinya masalah dalam pasokan darah ke otak. Demikian adalah uraian terkait gejala stroke yang sebaiknya kita tahu agar bisa segera melakukan tindakan penanganan secara tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *