Manfaat Konsumsi Kacang Kedelai & Kacang Almond

kacang almond

Kacang-kacangan merupakan salah satu bahan pangan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan protein dalam kacang-kacangan yang tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Protein berfungsi sebagai zat pembangun dan zat yang membantu memperbaiki sel yang rusak. Selain protein, kandungan lemaknya juga cukup baik untuk kesehatan asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Ada dua jenis kacang-kacangan yang memiliki manfaat besar dan baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Dua jenis kacang tersebut adalah kacang kedelai dan kacang almond. Adapun manfaat kedua jenis kacang tersebut adalah sebagai berikut.

Manfaat Konsumsi Kacang Kedelai

Kedelai mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh kita sehingga baik dikonsumsi secara rutin dengan berbagai olahan. Salah sat zat yang terkandung dalam kedelai adalah isoflavon. Isoflavon dalam kedelai sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan memperlambat timbulnya osteoporosis terutama pada wanita setelah menopause. Serat larut air yang ada dalam kedelai bermanfaat dalam kesehatan pencernaan serta memperlancar buang air besar. Buang air besar yang lancar merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Lesitin dalam kedelai merupakan zat yang baik bagi kesehatan otak. Pencegahan penyakit pikun dini atau alzheimer dapat dilakukan salah satunya dengan konsumsi lesitin yang terkandung dalam kedelai. Kandungan proteinnya yang tinggi sangat baik sebagai zat pembangun menjaga tubuh tetap sehat.

Manfaat Konsumsi Kacang Almond

Pencegahan berbagai macam penyakit juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kacang almond. Almond merupakan kacang yang sering digunakan sebagai campuran cokelat atau sebagai cemilan dengan rasa yang enak dan gurih. Kacang almond yang memiliki rasa enak ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang pertama adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin E dalam kacang almond dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dapat mencegah kerusakan sel darah merah dan timbulnya penyumbatan akibat kolesterol di pembuluh darah. Mengkonsumsi kacang almond sebagai camilan merupakan salah satu cara sehat yang mudah dilakukan. Kacang ini dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama bagi penderita diabetes dan mereka yang ingin menurunkan berat badan. Almond dapat mengendalikan kadar gula dalam darah karena dapat menekan rasa lapar lebih lama pada penderita diabetes sehingga diet diabetes mereka dapat terpenuhi. Konsumsi almond juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.

Itu tadi manfaat dari dua jenis kacang yang tidak hanya memiliki rasa nikmat tetapi juga menyehatkan. Masih banyak lagi jenis kacang lainnya selain kacang almond dan kedelai yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun, Anda juga harus perhatikan faktor alergi dan penyakit sebelum mengkonsumsi kacang-kacangan. Misalnya saja purin dalam kedelai tidak baik bagi penderita penyakit asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *