Manfaat Mengkudu Bagi Tubuh

Ada banyak obat herbal dan resep nenek moyang yang terbukti memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan serta dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat dan sudah sangat terkenal di masyarakat adalah mengkudu. Mengkudu adalah buah dengan rasa pahit luar biasa. Walaupun rasanya pahit, buah ini banyak dicari oleh masyarakat. Kenapa? Karena buah mengkudu ini memiliki banyak manfaat dan baik bagi kesehatan serta penyembuhan beberapa penyakit. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar mengkudu dapat benar-benar berkhasiat dan tidak berbahaya saat dikonsumsi. Nah, dalam ulasan kali ini, kita akan membahas mengenai khasiat buah mengkudu dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsinya agar tidak berbahaya bagi tubuh.

Secara medis, belum ada penelitian yang meneliti sampai tuntas mengenai efek buah mengkudu terhadap berbagai penyakit ringan seperti flu dan maag. Namun, memang sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk menganalisis kandungan buah mengkudu dan kemungkinan khasiatnya bagi tubuh. Mengkudu kemungkinan dapat membantu dalam proses penyembuhan beberapa jenis penyakit. Penyakit yang pertama adalah kanker. Buah mengkudu kemungkinan dapat membantu untuk menangani rasa sakit pada penderita kanker yang sudah dalam stadium lanjut. Mengkudu kemungkinan dapat memberikan efek positif dalam meningkatkan energi pada pasien kanker. Manfaat mengkudu yang kedua adalah dapat meningkatkan stamina. Mengkudu dapat dimasukan dalam menu diet atlet yang membutuhkan peningkatan stamina saat latihan dan lomba. Campuran jus buah mengkudu dengan beberapa jenis buah dapat digunakan sebagai menu diet atlet tersebut.

Manfaat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai salah satu cara untuk menanggulangi rasa mual dan muntah yang disebabkan pasca operasi. Mengkudu juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi konsumsi obat pereda nyeri pada penderita osteoartritis. Untuk penyakit seperti maag, pilek, diabetes, konstipasi, penyakit pada organ hati, dan banyak klaim lainnya masih memerlukan berbagai penelitian lebih lanjut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi buah mengkudu agar aman. Konsumsi dalam bentuk buah segar atau kering tentunya lebih aman karena masih alami. Yan perlu Anda pikirkan dua kali adalah saat Anda akan mengkonsumsi mengkudu yang sudah dibuat obat. Sebelum Anda mengkonsumsi mengkudu dalam bentuk obat, ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai keamanannya serta apakah perlu mengkonsumsi obat herbal tersebut. Orang-orang dengan kondisi khusus juga sebaiknya menghindari konsumsi mengkudu karena belum jelas efeknya bagi kesehatan orang tersebut. Adapun kondisi khusus tersebut diantaranya adalah ibu hamil dan menyusui, orang dengan gangguan organ hati, serta orang dengan kadar potasium yang tinggi. Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda dapat terhindar dari hal yang tidak dikehendaki karena kesalahan dalam mengkonsumsi obat herbal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *