Penyebab dan Gejala Diabetes yang Sering Muncul

Mungkin Anda merasakan kondisi tubuh yang sehat dan bahkan mengira bahwa tubuh memang dalam keadaan sehat, namun tahukah jika penyakit berbahaya seperti diabetes ini dapat menyerang siapa saja? Penyakit diabetes atau penyakit gula adalah salah satu penyakit yang muncul karena salah satu organ penting dalam tubuh yaitu pankreas tidak bisa melakukan tugasnya secara sempurna.

Glukosa yang menjadi hasil dari proses pembuatan energi hanya akan menumpuk di dalam darah sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula dari berbagai jenis metabolisme dalam tubuh seperti ketika mengeluarkan urine. Penyakit jenis ini sering disebut sebagai penyakit kencing manis.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai jenis gejala diabetes yang sering muncul sebagai berikut.

1. Kemampuan untuk bertahan hidup

Hal ini menjadi salah satu hal yang ingin dirasakan oleh banyak orang. Untuk orang yang terserang penyakit diabetes namun belum sepenuhnya menyadari hal itu, salah satu gejala yang sering muncul adalah sering merasa lapar padahal baru saja selesai makan atau juga bisa merupa peningkatan kebutuhan untuk makan.

2. Kabur pandangan

Pandangan dari waktu ke waktu akan mengalami kekaburan sehingga kadang kala tidak bisa melihat secara jelas beberapa orang adi depannya atau akan mengalami kesulitan ketika harus mencari suatu barang yang terselip di kamar atau di rumah.

3. Jika…

Jika seseorang tersebut sudah diserang diabetes tipe dua, maka seseorang tersebut akan sering mengalami nyeri, kesemutan, bahkan sampai mati rasa khususnya di bagian tangan dan juga kaki di beberapa waktu-waktu tertentu.

4. Kencing Manis

Gejala diabetes atau diabetes melitus atau sering disebut sebagai kencing manis ini akan membuat seseorang tersebut semakin sering membuang air kecil. Hal ini tentunya terjadi karena organ penting dalam tubuh yaitu ginjal merasa selalu ingin membersihkan urine yang terlalu banyak mengandung glukosa yang sudah tertimbun dan bercampur dengan darah.

5. Kehilangan Berat Badan

Untuk beberapa orang, ia akan merasakan kehilangan berat badan atau kondisi tubuh dari yang semula berisi akan drastis menjadi langsing atau bahkan sangat kurus. Hal ini tentunya disebabkan karena glukosa yang ada di dalam tubuh tidak dapat diolah dan diproses menjadi energi yang bisa digunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Energi yang tidak dapat dihasilkan dari glukosa tersebut kemudian digantikan dengan pemecahan pada bagian otot dan juga beberapa cadangan lemak sehingga energi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi dengan sangat mudah.

Nah, sedikit informasi mengenai beberapa gejala diabetes yang sudah disebutkan di atas semoga dapat menjadi perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *